Sep 8, 2015

Bhoi, Bolu Awet Khas Aceh

Bismillahirrahmanirrahim

Bhoi beragam bentuk. (foto: google)

Kue ini namanya bhoi, merupakan bolu khas daerah Aceh, bentuknya unik dan beragam, ada yang bentuk ikan, bunga, binatang dan lain-lain, teksturnya padat tapi lembut, rasanya legit manis dan enak, sangat cocok sebagai teman minum teh atau kopi di senja hari.

Bhoi sangat familiar di kalangan masyarakat Aceh, ia kerap menghiasi acara-acara adat berdampingan dengan hidangan khas Aceh lainnya, seperti saat khanduri keumaweuh (syukuran tujuh bulan kehamilan), khanduri khitanan, dan lain-lain.


Selain itu bhoi sudah lazim menjadi buah tangan dalam ajang-ajang silaturrahim antar masyarakat Aceh, di antaranya sering dijadikan buah tangan ketika menjenguk kerabat atau tetangga yang baru saja menjalani persalinan, atau ketika menghadiri hajatan dan juga acapkali menjadi prioritas pilihan buah tangan dari menantu perempuan ketika berlebaran ke rumah mertua.

Bhoi juga salah satu daftar kue wajib yang menjadi bagian isi hantaran 'ba ranup' (seserahan) yang dibawa oleh calon linto baro (calon mempelai pria) ke keluarga calon dara baro (calon mempelai wanita) ketika hari pernikahan.

Bhoi kerap
juga menjadi icon buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Aceh, banyak sekali gerai-gerai di pasar tradisional yang menjajakan kue ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Kue bhoi ini sifatnya awet, ia bisa disimpan sampai sebulanan meskipun tanpa pengawet atau semacamnya, di sinilah keistimewaan bhoi dengan bolu lainnya.

Untuk membuat bhoi sebenarnya tidak susah karena bahannya sangat irit dan simpel, hanya dibutuhkan telur, gula dan tepung terigu, sebagian orang ada yang menambahkan sedikit vanili dan soda.


Dalam prosesnya, pengocokan telur harus benar-benar mengembang agar hasil akhirnya sempurna dan pemanggangannya harus menggunakan api (suhu panas) atas dan bawah dengan menggunakan cetakan khusus bhoi hingga matangnya merata dan warnanya cantik menarik.

Namun begitu, meski terkesan mudah serta komposisinya yang irit dan simpel, tapi untuk proses pembuatannya tidak juga bisa dianggap enteng, karena untuk menghasilkan bhoi yang sempurna dan tahan lama tentu saja diperlukan trik-trik khusus.

Nah, kalau mau mengetahui secara mendetail tentang pembuatan kue bhoi ini agar hasilnya enak dan sempurna, maka tanyakanlah kepada orang-orang tua di Aceh :D

Mari-mari!!! Goyang lidah dengan makanan warisan indatu...Yuk lestarikan makanan tradisional.


(Merisusanti Zakaria; Cairo, 8 September 2015)

Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Semua goresan yang ada di blog ini, terutama sekali saya tujukan untuk diri saya pribadi guna muhasabah, pengingat dan nasehat bagi diri sendiri selaku hamba-Nya yang masih banyak kekurangan dan alpha dalam berbagai peranan kehidupan, baik sebagai isteri, anak, ibu dari anakku dan juga teman dari sahabat-sahabatku.
Mohon kerelaan untuk mengoreksi bila menemukan kekeliruan dalam tulisan blog ini karena saya masih belajar dan terus belajar.
_
**(Wassalam)**_